Kamis, 18 Mei 2017

Pengertian dan fungsi kabel data

jenis kabel gadget untuk proses charging dan koneksi data berbeda. Pengertian dan fungsi kabel data dan kabel charging sangat berbeda walau keduanya memiliki bentuk yang mirip, tetapi akan nampak berbeda saat dicolokkan ke gadget dan adapter. Ada banyak kasus terjadi batere yang melembung karena jenis kabel yang dipakai tidak standar. Bukan sekedar karena merk saja, tetapi memang kedua jenis kabel ini memiliki fungsi yang berbeda. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, sebaiknya anda bisa memahami pengertian dan fungsi kabel data dengan baik. Nah, dalam artikel tips teknologi berikut, kami akan ulas mengenai teknologi kabel data dalam teknologi terkini.
Mengapa memilih kabel data daripada fasilitas koneksi lainnya?
Mungkin era kabel data sudah digantikan oleh beberapa fitur wireless di hape, seperti Bluetooth, inframerah, WIFI, namun kabel data tetap menjadi pilihan sebuah koneksi hape dengan perangkat lainnya. Kabel data memang memiliki bentuk yang lebih besar, bahkan paling besar diantara fitur koneksi hape lainnya. Sehingga tidak disukai pengguna hape yang ingin lebih ringkas dalam transfer data.
Kabel data memang memiliki fungsi sebagai transfer data, namun juga ada fungsi lainya, yaitu sebagai modem. Disini peran kabel data sebenarnya lebih berguna dari fitur wireless lainnya. Kabel data bisa memberi fungsi tambahan lainnya, yaitu sebagai charger bagi hape tersebut. Misal saat hape tersebut digunakan sebgai modem, maka kabel data tersebut juga menjaga baterai hape agar tetap terisi dan membuat hape berfungsi maksimal.
Kabel data memang memiliki kompabilitas yang terbatas, biasanya satu jenis hape tidak akan sama jenis kabel datanya dengan hape yang laian. Hanya beberapa seri hape tertentu yang memiliki port koneksi yang sama, mungkin bisa memiliki jenis kabel data yang sama. Namun mungkin akan berbeda di program atau driver yang akan digunakan di hape tersebut. Karena bila tidak sesuai jenis programnya, biasanya kabel data tersebut tidak akan berfungsi.
Bagaimana memlilih kabel data yang multifungsi?
Bila anda ingin membeli sebuah kabel data untuk hape anda, maka pilihlah yang multifungsi. Misal selain kabel data tersebut mungkin digunakan untuk modem, maka kabel data tersebut hendaknya bisa digunakan untuk mengecharge hape. Hal ini akan menghemat koneksi kabel saat hape itu difungsikan, artinya tidak memerlukan charger saat sedang digunakan untuk jangka yang lama.
Kabel data yang multifungsi biasanya terletak di kualitas kabel data, biasanya yang orisinil yang terbaik pilihannya. Namun kabel data yang orisinil biasanya susah dicari. Hal ini karena memang permintaan akan kabel data yang tidak terlalu tinggi, sehingga vendor hape menyerahkan ke pihak ketiga. Hal inilah yang selalu menjadi dilemma di kualitas kabel data tersebut.
Kabel data yang yang multifungsi biasanya sulit dibuktikan kalau tidak dicoba. Belilah kabel data lengkap dengan program dan drivernya, sehingga anda tidak pusing-pusing mencari program atau driver bagi kabel data tersebut. Biasanya permasalahan penting di kompabilitas programnya, mengingat program perangkat lain memiliki variasi program yang beraneka-ragam.
Apa yang sering menjadi sebab membeli kabel data tambahan?
Smartphone saat ini sudah tidak jamanya lagi untuk menggunakan Kabel Data yang biasa dan hanya sekedar bisa mencharge. Namun dibutukan sebuah Kabel data yang bagus untuk menunjang metode Fast Charging agar mengecas dapat lebih cepat. Karena metode Fast Charging ini selain sangat dipengaruhi oleh Kepala Charger yang memiliki Ampere besar, juga dipengaruhi oleh kualitas sebuah Kabel yang digunakan untuk menghantarkan daya listrik tersebut. Akan percuma saja jika kita memiliki Kepala Charger sebesar 2A tetapi kualitas kabel data kita tidak mendukung, yang akan terjadi tetap saja baterai akan lama terisi bahkan umur kabel tersebut akan cepat putus karena menerima daya yang besar dari Kepala Charger tersebut.
Ada dua macam kabel USB yang dijual di pasaran yaitu kabel charger dan kabel data. Kabel charger merupakan kabel yang hanya bisa digunakan untuk charge saja tetapi tidak bisa digunakan untuk transfer data. Kabel data adalah kabel yang biasanya disediakan ketika membeli smartphone, bisa digunakan untuk charge dan juga untuk transfer data.
Ketika membeli kabel data, biasakan untuk melihat kemasan. Biasanya sudah tertulis untuk data dan charging. Kalau kemasannya tidak ada keterangan apa-apa, tanyakan kepada toko yang digunakan untuk keperluan data. karena menyebutkan itu saja, kita sudah tahu. bila untuk data bisa, otomatis bisa untuk charging.
Akan tetapi, bila sudah membeli kabel data untuk keperluan data, tetapi tidak terdetek di laptop/pc. Solusinya khususnya untuk ponsel android agar memasang driver bawaan ponsel atau driver ADB agar terdetek di pc/laptop.
Apa itu kabel mini USB?
Mini USB adalah USB kecil dari USB standar, yang Anda lihat pada saat itu akhir charger atau kabel data, yang terhubung dengan kamera digital atau ponsel. Jika Anda pernah kesempatan untuk memeriksa USB standar, Anda akan melihat bahwa ia memiliki empat pin. Sementara mini USB ada lima pin.
Bahkan empat pin berada dalam keadaan operasi dan pin kelima ekstra adalah pin ID yang dirancang untuk upgrade masa depan dalam sifat mini USB. Mini USB sering bekerja dalam satu arah, baik untuk mengirim dan menerima data penyimpanan atau sebagai konektor charger. Mini siklus hidup USB adalah 5.000 menghubungkan dan memutuskan hubungan. Itu berarti setelah injeksi dan ejeksi untuk 5.000 kali, itu akan sia-sia.
Apa itu kabel Micro USB?
Micro USB juga menyukai mini USB dan lebih kecil dari standar USB. Hal ini juga datang dalam bentuk kabel data, charger atau konektor kamera digital dan ponsel.
Tidak seperti Mini USB siklus hidup yang diperpanjang hingga 10.000 menghubungkan dan memutuskan hubungan. Biasanya port USB perempuan kamera dan ponsel yang untuk port micro USB. Fungsi utamanya adalah untuk mentransfer data atau pengisian diterima dari sisi lain dari port USB atau adaptor.
Hal ini juga lima pin dan semua pin yang operatif disertakan ID pin di micro USB AB. Dengan fitur ini sekarang kabel ini dapat melakukan dua fungsi di smartphone dan tablet. Mereka dapat mengirim data storage dalam dua cara arah dan juga bekerja sebagai pengisian konektor.
Apa manfaat dan fungsi kabel OTG?
Jika anda anda pernah membaca sebuah spek pada gadget terbaru ,anda anda kadang kadang akan mendapati sebuah fitur yang cukup asing yaitu USB OTG. Jika hanya lubang USB, mungkin anda sudah familiar, karena hampir semua gadget saat ini sudah di bekali lubang colokan tersebut.Dan Tentunya sudah paham bahwa Port USB berfungsi sebagai sarana untuk melakukan transfer data dari laptop atau PC ke smartphone dengan bantuan kabel data.
Lebih tepatnya Begini penjelasannya, jika pada USB biasa ponsel pintar hanya bertindak sebagai perangkat yang dibaca atau dideteksi sebagai media penyimpanan oleh komputer atau laptop. Sedangkan dengan USB OTG atau yang disebut USB On The Go, smartphone bukan hanya bisa melakukan transfer data dari pc atau laptop, namun bisa bertindak sebagai pembaca data (master). Smartphone atau tablet yang memiliki USB OTG bisa membaca data dari perangkat penyimpanan eksternal seperti flashdisk, bahkan bisa mendeteksi perangkat inputan yang umumnya digunakan pada komputer seperti mouse dan keyboard serta bisa bekerja dengan nyata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar